KEGIATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW - SDN PEJATEN TIMUR 01

Info Kegiatan

Home Top Ad

Berita Sekolah

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 18 Desember 2017

KEGIATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

KEGIATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW, KERJA SAMA ANTARA SDN PEJATEN TIMUR 01 DAN 03 PAGI
(15 DESEMBER 2017)


Diantara kesibukan yang sangat luar biasa karena bertepatan dengan sibuknya mengoreksi nilai PAS siswa-siswi dan beberapa pengiputan nilai rapot baik yang kurtilas maupun KTSP oleh guru kelas  dan mata pelajaran namun masih tetap bisa melakukan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan secara bersama oleh SDN Pejaten Timur 01 dan 03 Pagi, Suatu kenikmatan dan kesungguhan mengagungkan kebesaran Nabi Muhammad Rasullah SAW, semoga akan menjadi amal ladang kebaikan di akherat nanti. Aamin.

Kerja sama tim panitia yang dimotori oleh Bapak Jahudi, Bapak Husin dan Bapak Anom juga dengan guru-guru dan karyawan SDN Pejaten Timur 01 dan 03 akhirnya kegiatan dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sesuai yang diharapkan di tengah kesibukan semua pendidik dan tenaga pendidik. Maulid Nabi Muhammad Rasullah SAW yang dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2017 mendapat dukungan yang luar biasa dari siswa-siswi dan orang tua murid. Kegiatan ini dilandasi dari kita untuk kita semua, yang menariknya kegiatan ini tanpa sepeserpun pungutan atau sumbangan yang di minta oleh pihak sekolah. Murni semata hanya untuk mengagungkan kebesaran dari  umat ini kepada rasulnya yaitu Nabi Muhammad Rasullah SAW.

Rangkaian acara yang dipandu oleh Bapak Umar  turut meramaikan khidmadnya maulid nabi, susunan acara dikemas dan disusun secara terencana mulai dari sambutan-sambutan yaitu ketua panitia, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah kemudian pembacaan tilawah quran, penampilan hafiz  quran oleh Rakki Suta Akmal (kelas III B)  beberapa penampilan siswa-siswi mengeksperesikan seni dan karyanya seperti Tim Marawis  siswa yang dikomandai oleh Kang Asep Saefullah sebagai pelatihnya dan Pembacaan Solawat dari siswa-siswi lainnya. Lihat Gambar 1 dan Gambar 2.


Gambar 1. Pembacaan Sholawat oleh Siswi SDN Pejaten Timur 01 dan 03 Pagi

Gambar 2. Penampilan Tim Marawis SDN Pejaten Timur 01 Pagi

Dalam sambutannya Ibu Kepala SDN  Pejaten Timur 01 pagi  Hj. Nurseha, S.Pd., bahwa kegiatan maulid Nabi Muhammad Rasullah SAW  walaupun dilaksanakan dengan sangat sederhana namun tidak kehilangan makna yang hakiki  yaitu cinta kita pada Nabi Muhammad Rasullah SAW dengan menjalankan sunnah-sunahnya dan ikut meneladani sikap dan akhlak beliau sebagai panutan umat Islam di seluruh Dunia. Lihat Gambar 3.

Gambar 3. Ibu Haji Nurseha, S.Pd. sedang memberikan sambutan.

Sementara itu Bapak Rusbani, M.Pd. selaku Pengawas Wilayah 1 Kecamatan Pasar Minggu dalam sambutannya lebih menekankan pada praktik dan kontek dalam kehidupan sehari-hari dengan mempraktikan baik dengan melakukan tanya jawab hingga langsung mempraktikan dan mencontohkan perilaku-perilaku yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad Rasullah SAW pada siswa-siswi sehingga yang tampak adalah sebuah pembelajaran bagi siswa-siswi SDN Pejaten Timur 01 dan 03 pagi. Sebuah simulasi pembelajaran yang tanpa disadari memberikan contoh kepada guru-guru seperti demikianlah strategi dan metode  mengajar yang harus disampaikan ke siswa-siswinya  dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berikut salah satu pembelajaran yang  diberikan Bapak Rusbani terhadap siswa-siswi yang telah di dokumentasikan. Lihat Gambar 4.

Gambar 4. Mencontohkan bersalaman dan manfaatnya.

Sebagai pungkas acara maulid Nabi Muhammad Rasullah SAW ditutup dengan ceramah agama oleh Ibu Hj. Fitrima Salamah,S.Pd.I,M.M. selaku pengawas Pendidikan Agama Islam, inti ceramahnya antara lain bahwa maulid Nabi Muhammad Rasullah SAW , Pertama dengan maulid ini iman dan takwa kita bertambah, Kedua; dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad Rasullah SAW, Ketiga; meningkatkan mutu Pendidkan Agama Islam, Keempat ; kebersamaan mencintai rasul semakin meningkat  dan Kelima; terampil dalam meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad Rasullah SAW. Lihat Gambar 5.

Gambar 5. Ceramah Agama oleh Ibu Ibu Hj. Fitrima Salamah, S.Pd.I,.M.M.



Gambar 6. Sesi Foto Bersama
Demikianlah kegiatan maulid Nabi Muhammad Rasullah SAW yang telah dilaksanakan oleh SDN Pejaten Timur 01 dan 03 Pagi, tanpa adanya kerja sama yang kompak dan tim yang solid mustahil terselenggara dengan baik. Bravo The Big Family SDN Petir 01 dan 03. (Koresponden W.S. Diyan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here